HTML

HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language. HTML bisa dikatakan sebagai bahasa pemrograman web yang paling mendasar dan sangat penting untuk para web master untuk menyusun dan mengelola tampilan pada halaman website. Sejarah HTML  berawal pada tahun 1980 ketika IBM berniat untuk membuat suatu bahasa / kode untuk menggabungkan teks dengan format tertentu. Bahasa yang menggunakan kode kode tertentu ini dinamakan Markup Language. Namun IBM memberi nama Generalized Markup Language (GML).

Pada tahun 1986, ISO mengeluarkan standarisasi  bahasa markup berdasarkan GML dengan nama Standard Generalized Markup Language (SGML). Pada tahun 1989, Caillau Tim bekerja sama dengan Baners Lee Robert, ketika bekerja di CERN mencoba untuk mengembangkan SGML dan kemudian dari tangan mereka berdualah lahir HTML (Hyper Text Markup Language) yang kini digunakan untuk membuat halaman website. HTML ini pertamakali dipopulerkan oleh Browser Mosaic.

HTML ditulis dengan menaruh kode didalam tag < > . Didalam setiap tag terdapat sintaks tertentu sepert <html>. Dan setiap kode html dibuka dengan <sintaks> dan diakhiri dengan tag </sintaks>. Tanda / (slash) adalah penutup dari kode HTML. Contoh : <html> ditutup dengan </html>, begitu juga dengan sintaks HTML yang lainnya. HTML menggunakan 2 macam ekstensi file yaitu .htm dan .html

Struktur dasar HTML
1. Elemen HTML
Elemen HTML merupakan tag dasar apabila ingin memulai suatu dokumen HTML. Tagnya adalah <html> dan diakhiri dengan tag </html>

2. Elemen Head
Elemen Head adalah elemen setelah elemen html yang berfungsi untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan ditampilkan. Diawali dengan tag <head> dan seperti semua sintaks diakhiri dengan tag </head>. Jadi bila ditulis secara runtun adalah :
<html>
<head>
</head>
</html>

3. Elemen title
Elemen title digunakan untuk menambahkan judul pada halaman web. Sintaks ini diletakkan didalam elemen Head. Struktur penulisannya adalah :
<html>
<head>
<title>HDCode</title>
</head>
</html>

4.Elemen Body
Elemen body adalah elemen yang sangat penting. Elemen ini digunakan untuk menambahkan konten seperti teks, gambar, dll kedalam halaman web. Letak sintaksnya adalah dibawah elemen Head. Strukturnya adalah :
<html>
<head>
<title>HDCode</title>
</head>
<body>
www.hdcode.blogspot.com
</body>
</html>

Perintah HTML
Paragraph, berfungsi untuk mengganti atau menambahkan paragraf baru untuk penulisan teks atau gambar. Sintaks :
<p>HDCode - Free website tutorial</p>

Line Break, berfungsi untuk mengganti baris. Penulisan tag ini hanya 1 tag dan tidak ditutup oleh tag / seperti halnya sintaks HTML yang lain. Sintaks :
<br>
Contoh cara penggunaannya adalah :
HD <br> Code
Maka akan tampil seperti
HD
Code

Header, berfungsi untuk membuat judul / header dengan 6 macam tipe header dengan ukuran font yang berbeda-beda. Yaitu, H1, H2, H3, H4, H5, dan H6. H1 memiliki ukuran tulisan paling besar daripada yang lain. Sedangkan H6 memiliki ukuran tulisan yang paling kecil. Jadi, jika diurutkan maka H1 adalah yang paling besar, H2 lebih kecil, H3 lebih kecil dari H2, dan begitu terus dengan yang lain sampai dengan H6 yang memiliki ukuran tulisan yang paling kecil. Sintaksnya :
<Hx>HDCode<Hx>

x = ukuran font. contoh
<H1>HDCode</H1>

Bold, untuk membuat tulisan efek tebal. Sintaks :
<b>HDCode</b>

Italic, membuat tulisan efek miring. Sintaks :
<i>HDCode</i>

Underline, membuat tulisan bergaris bawah. Sintaks :
<u>HDCode</u>

Preformated Text, berfungsi untuk menampilkan text apa adanya. Sintaks :
<pre>HDCode</pre>

Center, membuat text dengan posisi ditengah. Sintaks
<center>HDCode - www.hdcode.blogspot.com</center>

Font, untuk mengubah format teks, seperti ukuran, warna, dan jenis font. Sintaks :
<font color="warna" face="jenis_font" size="ukuran_font(pixel)">
HDCode - www.hdcode.blogspot.com
</font>
Contoh :
<font color="red" face="Arial" size="15px">
HDCode - www.hdcode.blogspot.com
</font>

Horizontal Rule, untuk membuat garis bawah. Sama seperti sintaks <br>, sintaks <hr> ini tidak diikuti oleh tag penutup. Jadi sintaksnya hanya ditulis :
<hr>

Sebenarnya masih banyak lagi perintah-perintah tag HTML yang lain, untuk lebih detainya akan saya tuliskan pada posting selanjutnya.

Contoh Penggunaan HTML
Buka teks editor seperti Ms. Word, Wordpad, Notepad, atau yang lain (disini saya menggunakan Notepad). Jika sudah tuliskan kode :

<html>
<head>
<title>HDCode</title>
</head>
<body>
<b>HDCode<b> - <i>Free website tutorial</i>
<br>
<font color="red" face="Arial" size="3px"><u>www.hd.code.blogspot.com</u></font>
</body>
</html>

kemudian save dengan nama index.html (akhiri dengan ekstensi .html) dan buka dengan web browser. Maka akan tampil seperti berikut :


Demikian sedikit penjelasan tentang dasar-dasar dalam bahasa pemrograman HTML. Untuk tutorial mengenai HTML yang lainnya akan saya postingkan lain waktu :)

NB : 
 - Tulisan berwarna merah silahkan diganti sesuai dengan keinginan anda

HDCode - Free Website Tutorial

Artikel HTML ini ditulis oleh Huda Cooyz pada hari Senin, 05 November 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar. Sudah ada 0 komentar: di postingan HTML
 

0 komentar:

Posting Komentar